Rangkuman Pengenalan Bahasa java



Pengenalan Bahasa Java

Sejarah Java
Java dipopulerkan oleh James Gososling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari Sun Microsystems, Inc (1991). Versi pertama java kurang lebih mereka buat 18 bulan. Pada awanya di sebut “Oak” tetapi kemudian disebut Java (1995) karena pada saat itu nama “Oak” telah di jadikan hak cipta dan di gunakan sebagai bahasa pemrograman lain. Oak dibuat pada musim gugur (1992) dan baru di publikasikan pada musim semi (1995).
Bill Joy, Arthur van Hoff, Jonathan Payne, Frank Yellin, dan Tim Lindholm adalah contributor kunci yang mematangkan prototipe aslinya
Java Modern
Java telah digunakan dalam banyak hal dan telah membuktikan keberadaanya (abad 21). Saat ini, Java digunakan pada berbagai macam jenis aplikasi seperti: embedded, keuangan, desktop, simulasi pesawat, pemrosesan citra, game, perusahaan terdistribusi (J2ME) dll.

Java Virtual Machine (JVM)
Java Virtual Machine;  aplikasi sederhana yang ditulis dalam bahasa C. Digunakan untuk mengeksi program yang ditulis dalam bahasa Java. Pada saat kompilasi (perubahan dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa lebih rendah) program tersebut kemudian diubah menjadi KODE BYTE. Kemudian pada saat eksekusi, JVM membaca KODE BYTE tersebut dan mengubahnya menjadi bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh sistem operasi tempat program tersebut akan dijalankan. JVM sangat bergantung pada platformnya (bahasa mesin adalah bahasa level rendah yang hanya dimengerti oleh suatu mesin tertentu, seperti Intel. Akan tetapi bahasa tersebut tidak dapat dimengerti oleh mesin lain, seperti Macintosh), BYTE CODE  ini dapat dibuat untuk terbebas dari kungkungan platform tertentu. CODE BYTE yang dihasilkan dalam proses kompilasi bahasa Java akan selalu sama dalam setiap sistem operasi atau jenis mesinnya, akan tetapi JVM dapat  mengubah CODE BYTE bahasa mesin tersebut menjadi bahasa mesin tujuanya.

Just In Time Compiler (JIT)
Java didesain untuk diinterpretasi, Java dapat dikompilasikan menjadi bahasa mesin seperti bahasa-bahasa pemrograman lain.  Just In Time Compiler (JIT) digunakan untuk mengompilasi KODE BYTE itu menjadi bahasa mesinnya pada saat yang bersamaan dengan eksekusinya. Namun, pendekatan JIT menghasilkan kemampuan yang lebih bila dibandingkan dengan interpretasi biasa.

Kelebihan Java
Bahasa pemrograman sebelum Java sudah merupakan bahasa yag baik dan mudah dipelajari oleh programer professional. Namun para programmer menginginkan sesuatu baru yang memiliki banyak hal dan dapat menyelesaikan masalah mereka. Terutama adalah untuk keamanan kode mereka. Hal tersebut kemudian melahirkan pemikiran revolusioner untuk menemukan bahasa pemrograman lain yang disebut Java. Akan tetapi tidak hanya keamanan namun juga beberapa hal yang sering disebut sebagai Java-Buzzwords. Kata ini menjelaskan berbagai fitur tambahan dan juga beberapa hal yang membuat Java demikian sukses, diterima oleh dunia perangkat lunak.
Dibawah ini adalah penjelasan dan juga keuntungan dari kata tersebut:
Sederhana dan Berorientasi Objek
Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, Java lahir dari suatu pemikiran yang mendalam dari bahasa pemrograman yang ada pada saat itu, seperti C dan C++. Hal ini memudahkan programmer profesional dapat mengerti lebih jelas tentang Java, fungsionalitas, dll apabila ia memiliki pengetahuan dasar tentang C++ dan juga konsep pemrograman berorientasi objek. Tujuannya agar konsep dasar dari teknologi Java tersebut dapat dimengerti dengan mudah dan programmer dapat menghasilkan sesuatu sedini mungkin. Namun demikian, tidak hanya itu, penemu Java juga memastikan bahwa Java bermula dari bahasa pemrograman dasar yang sudah ada pada saat itu. Kemudian mereka membuang berbagai fitur yang rumit dan membingungkan tersebut.
Bahasa Pemrograman Java sejak awal menjadi bahasa yang berorientasikan objek. Setelah 30 tahun, teknologi objek menjadi kenyataan dan dapat diterima sebagian besar komunitas pemrograman. Konsep berorientasikan objek dapat memungkinkan pembuatan software yang lebih kompleks, berbasis network, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknologi Java menghasilkan platform pembuatan perangkat lunak yang  baik dan berorientasi objek.
Keuntungan Yang Dapat Diambil dari Java
·        Mulai Dengan Cepat : Java adalah bahasa pemrogramn berorientasi objek dan medah dipelajari terutama untuk progremer yang menguasai C dan C++.
·        Tulis Lebih Sedikit Program : Jumlah kelas, jumlah metode, dll. Ini menunjukkan bahwa program yang ditulis dalam bahasa pemrograman Javamemilki jumlah yang 4 kali lipat lebih kecil dari program sama yang di tulis dalam bahasa C++.
·        Tulis Program Lebih Baik : Java menganjurkan praktek membuat program yang baik dan automatic garbage collection dapat membantu Anda guna menghindari kebocoran memori. Orientasi objek, Arsitektur Komponen Java Beans juga jangkauan yang luas, API yang mudah diperluas, memungkinkan untuk menggunakan kode yang ada.
·        Membuat Program Dengan Lebih Cepat : Bahasa pemrograman yang digunakan Java lebih mudah bila dibandingkan dengan C++, program akan menjadi dua kali lebih cepat, dengan jumlah baris yang lebih sedikit.
·        Menghindari Kebergantungan Pada Platform Tertentu : Kita dapat mejalankan program kita pada banyak platform dengan tidak menggunakan library yang ditulis lebih spesifik untuk platform tertentu.
·        Tulis Sekali Jalankan Dimana Saja : Aplikasi yang ditulis dalam bahasa Java dikompilasi ke dalam KODE BYTE yang bebas platform, aplikasi yang ditulis dapat dijalankan secara konsisten pada platform apa saja.
·        Distribusikan Software Anda Dengan Mudah : Dengan Java Web Start, pengguna program kita dapat menggunakan aplikasi kita dengan mudah. Sistem pengecekan versi otomatis saat program dimulai menjamin pengguna kita selalu menjalankan versi terkini. Jika tersedia versi baru, Java Web Start akan melakukan instalasi secara otomatis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IP Address dan Subnetting

Jenis-jenis Jaringan Komputer